Tips Untuk Bisa Memiliki Dana Pensiun Sejak Dini

Setiap orang akan mengalami masa pensiun. Masa pensiun merupakan kondisi seseorang sudah tidak bisa bekerja lagi lantaran sudah melewati batas maksimal usia dari kantor tempatnya bekerja, hal tersebut juga dikarenakan produktivitasnya menurun disebabkan oleh usia yang semakin menua.

Salah satu masalah yang dihadapi orang-orang ketika pensiun adalah keberdayaan finansial yang kurang baik, karena ia akan kehilangan gaji pokok yang selama ini menjadi sumber dana untuk memenuhi kebutuhannya. Mungkin beberapa orang mendapatkan gaji pensiunan, namun seringkali uang itu tidak cukup.

Beberapa orang dapat melakukan berbagai cara untuk memiliki dana pensiun, sehingga tidak akan kesulitan di masa-masa pensiun. Biasanya dana pensiun itu direncanakan sejak muda oleh orang yang cerdas. Lalu, apakah kamu sudah menyiapkan dana pensiun sejak dini?

Tips Memiliki Dana Pensiun Sejak Dini

Dana pensiun adalah uang yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhanmu di masa tua nanti. Dana pensiun merupakan hal penting yang harus diperhatikan oleh orang-orang yang ingin hidup tenang dan berkecukupan di masa tua. Apakah kamu ingin memiliki dana pensiun? Jika iya, maka Ikuti tips berikut ini.

  • Simpan uang untuk investasi

Penghasilan yang kamu dapatkan dari gaji tiap bulan itu sebaiknya kamu simpan sedikit untuk investasi. Apakah kamu berpikir tidak sempat investasi karena tidak paham dan tidak punya waktu untuk memantaunya? Pilihlah investasi yang minim resiko dan tidak perlu repot dikontrol setiap waktu, yaitu investasi reksadana.

Dengan investasi reksadana, kamu hanya tinggal menyimpan uangmu, lalu kemudian fokus bekerja tanpa memikirkan investasi. Uangmu akan terus bertambah setiap bulannya melalui investasi reksadana itu, sehingga di masa tua nanti kamu akan memiliki uang lebih banyak dari yang kamu simpan sebelumnya.

Memang kamu bisa memilih untuk menabung, namun pasti kamu paham bahwa menabung justru akan membuat uangmu berkurang setiap bulannya, karena dipotong bunga. Maka dari itu sebaiknya sisihkan uang untuk investasi reksadana agar di masa tua kamu punya tabungan yang lebih besar.

  • Membangun pasif income

Membangun pasif income artinya adalah membangun suatu aset produktif yang memberikan pemasukan atau pendapatan pasif ke kantongmu. Misalnya, kamu menyisihkan uangmu untuk membeli tanah dan membangun kontrakan atau apartemen untuk disewakan.

Dengan begitu kamu akan mendapatkan penghasilan setiap bulan di masa tua nanti, tanpa harus bekerja, uang itu di dapat dari kontrakan yang kamu miliki sebagai aset yang memberikan penghasilan pasif. Selain kontrakan juga bisa aset bisa berbentuk ruko, pertokoan atau lapak jualan.

  • Mempersiapkan dana pensiun

Selanjutnya, kamu harus diperhitungkan sejak sekarang berapa dana pensiun yang kamu butuhkan. Misalnya, di masa tua nanti kamu membutuhkan uang sekitar Rp. 10 Juta per bulan untuk kebutuhan hidup, setelah itu mulailah menabung untuk membangun aset pasif income yang dapat memberikan penghasilan pasif.

Pastikan aset yang kamu bangun dapat memenuhi kebutuhan hidupmu di masa tua sesuai dengan perkiraan yang sudah kamu perhitungkan dengan baik. Namun, sayangnya kamu hanya bisa memperhitungkan berbagai kebutuhan yang terduga, sedangkan kebutuhan yang tidak terduga sulit diperkirakan.

  • Mulai berasuransi

Karena kamu tidak dapat memperkirakan atau memperhitungkan kebutuhan tidak terduga di masa tua, maka kamu memerlukan sesuatu yang menjamin kebutuhan itu dapat terpenuhi. Misalnya, terkait kesehatanmu, tidak bisa kamu perkirakan, sehingga sebaiknya kamu mencari cara agar biaya kesehatan terjamin di masa tua.

Cara yang tepat untuk mendapatkan jaminan biaya kesehatan adalah asuransi kesehatan. Sebaiknya kamu segera mengikuti program asuransi jiwa, agar masa pensiun dapat kamu jalani dengan tenang, karena kamu sudah memiliki jaminan biaya kesehatan.

  • Ikut program Briguna

Briguna merupakan program yang dikeluarkan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI). Dimana kamu akan diminta menyisihkan uang semasa bekerja sampai pensiun. Sehingga, nantinya kamu akan mendapatkan biaya pensiun yang dapat kamu gunakan untuk membangun usaha atau membangun aset.

Dengan demikian kamu akan memiliki tunjangan di masa pensiun berupa dana pensiun yang dapat kamu gunakan untuk kebutuhan di masa pensiun atau bahkan untuk membangun usaha yang memberikan penghasilan di masa pensiun nanti. Jadi, dengan begitu kamu tidak perlu khawatir lagi.

Demikian penjelasan tentang beberapa tips memiliki dana pensiun sejak dini. Siapapun ingin hidup bahagia dari sekarang sampai masa tua nanti, dana pensiun merupakan salah satu kunci kebahagian di masa tua nanti, banyak orang yang tidak bahagia karena menghadapi permasalahan ekonomi di masa tua.

Kamu ingin menjadi orang yang tenang tidak perlu memikirkan keuangan di masa tua, atau berbahagia secara berlebihan di masa muda, namun kesulitan di masa tua karena tidak memiliki dana pensiun? Jika kamu ingin punya dana pensiun, sebaiknya segera ikuti tips di atas.