Inilah Tanda Anda Butuh Penasihat Keuangan Pribadi

Inilah Tanda Anda Butuh Penasihat Keuangan Pribadi

Masalah finansial dapat dialami oleh siapapun tanpa terkecuali, untuk orang yang pendapatannya tinggi juga belum pasti bisa terhindar dari masalah finansial ini. Misalnya, seseorang yang mempunyai pendapatan besar tanpa memiliki perencanaan finansial yang baik, maka kemungkinan besar keadaan keuangannya tidak sehat. 

Bagaimana bila keadaan keuangan Anda bermasalah? Apabila keadaan itu kita analogkan kepada orang yang sedang sakit, maka dokter merupakan pihak yang dapat membantu kita untuk mendiagnosa penyakit yang sedang dialami, berikutnya kita akan diberikan obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut. 

Hal tersebut juga sama seperti Anda yang sedang mengalami masalah finansial, seorang penasihat keuangan pribadi adalah salah satu pekerjaan yang mungkin saja dapat membantu Anda untuk mendiagnosa dan memperbaiki seluruh masalah finansial yang sedang Anda hadapi lewat financial check-up. 

Tetapi sangat disayangkan bahwa profesi penasihat keuangan pribadi atau biasa dikenal dengan financial planner ini dapat dikatakan jarang dimanfaatkan oleh banyak orang di Indonesia. Alasannya bisa jadi sebab biaya jasa penasehat keuangan pribadi ini tidaklah murah dan sebab sebagian masyarakat di Indonesia juga masih tabu dan tidak terbuka mengenai masalah keuangan. 

Harus Anda tahu jika perencanaan finansial profesional ini sangatlah penting. Tidak hanya dapat membantu Anda mencapai seluruh tujuan finansial dari perencanaan yang benar, mereka pun dapat membantu Anda untuk memperbaiki keadaan finansial yang berantakan dan bisa berdampak buruk bila dibiarkan begitu saja. 

Nah, apakah Anda termasuk kedalam orang yang memerlukan bantuan penasihat keuangan pribadi? Berikut terdapat tanda-tanda Anda membutuhkan jasa konsultasi keuangan pribadi. 

Selalu merasa penghasilan kurang 

Apakah Anda pernah merasa uang cepat habis saat beberapa hari setelah gajian? Meskipun penghasilan Anda sebenarnya besar, bahkan ketika telah memperoleh kenaikan gaji. Ada baiknya tetap waspada sebab bila hal tersebut terjadi kemungkinan Anda mengalami sindrom selalu merasa kurang. 

Apabila Anda mengalami masalah tersebut walaupun penghasilan naik, berarti ada hal yang salah dengan cara Anda mengelola keuangan atau kemungkinan terdapat masalah pada gaya hidup Anda yang akan ikutan naik ketika pendapatan juga naik. 

Gali lobang tutup lobang 

Tentu saja Anda sudah tahu arti dari istilah di atas bukan? Ya, artinya Anda berhutang untuk menutupi hutang sebelumnya. Misalnya, Anda menggunakan kartu kredit untuk membiayai kehidupan sehari-hari, sampai satu keadaan dimana penggunaannya tidak terkendali dan Anda tidak dapat melunasi tanggungan tersebut secara tepat waktu. 

Nah, bulan selanjutnya ketika baru mendapatkan gaji, pendapatan Anda habis di awal waktu untuk membayar tagihan bulan kemarin. Hal yang sangat dicemaskan dari keadaan ini yaitu jika net worth atau nilai kekayaan yang Anda miliki minus (defisit). 

Untuk itu, seorang penasihat keuangan untuk hal ini dapat memberikan Anda jalan keluar yang baik dengan menganalisa dan memberikan saran untuk melakukan restrukturisasi hutang. 

Inilah Tanda Anda Butuh Penasihat Keuangan Pribadi

Selalu telat membayar angsuran 

Anda harus tahu jika telat membayar angsuran satu kali saja telah memperlihatkan keadaan keuangan yang tidak bagus, terlebih lagi bila selalu telat membayarnya. Untuk itu, Anda perlu waspada, sebab selalu telat membayar cicilan berarti menjadi salah satu tanda tidak adanya kedisiplinan pada pengelolaan keuangan Anda. 

Seorang penasihat keuangan bukan hanya bisa memperlihatkan semua masalah finansial yang harus Anda perbaiki, namun juga dapat membantu Anda menumbuhkan kedisiplinan untuk mengelola keuangan seperti menyelesaikan kewajiban hutang. 

Tidak mempunyai perencanaan investasi 

Mempunyai perencanaan keuangan dengan baik, berarti Anda diwajibkan untuk mempunyai rencana keuangan yang sangat jelas untuk saat ini dan masa depan. Persoalan rencana keuangan saat ini berhubungan dengan pengelolaan anggaran setiap bulan. 

Sementara itu, persoalan rencana keuangan nanti berhubungan dengan tujuan finansial untuk jangka pendek, menengah dan panjang yang ingin dicapai. Mempunyai dana darurat merupakan sebuah contoh tujuan keuangan berjangka pendek, idealnya sebelum Anda menyiapkan tujuan finansial jangka menengah dan panjang, Anda harus memenuhi kewajiban untuk memiliki dana darurat ini. 

Apabila hal tersebut telah dipenuhi, berikutnya Anda dapat menyiapkan tujuan finansial untuk masa depan seperti biaya pendidikan anak, membeli rumah sampai biaya untuk liburan. Apapun tujuan finansial tersebut berikutnya dipersiapkan dari perencanaan investasi yang sangat matang. 

Belum memiliki dana pensiun 

Untuk bisa pensiun dengan nyaman di masa tua adalah sebuah financial goals yang menjadi mimpi seluruh manusia. Sayangnya itu hanyalah keinginan semata tanpa adanya komitmen untuk menyiapkan dana pensiun lewat investasi. Dana pensiun tersebut harus disiapkan oleh semua orang. 

Dana pensiun sangat penting bila Anda ingin menikmati hari tua yang nyaman dan aman, kecuali jika Anda masih ingin bekerja hingga tua nanti atau hanya mengharapkan pemberian dari anak. Untuk itu, konsultasikan finansial mu kepada ahlinya untuk bisa merencanakan masa tua yang tidak membebani siapapun. 

Demikianlah, beberapa tanda Anda memerlukan penasihat keuangan pribadi yang harus diketahui. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat dan berguna untuk Anda, ya!