Cara Mengatur Keuangan Pribadi untuk yang Belum Menikah

Cara mengelola keuangan kerap kali menjadi informasi yang selalu dicari banyak orang. Bagaimana tidak, masih banyak diluar sana yang kewalahan untuk mengelola keuangan mereka. Alhasil, keadaan keuangan selalu tidak stabil dan mengalami masalah keuangan yang sangat serius. 

Pada dasarnya, masing-masing orang akan mempunyai cara mengatur keuangan nya sendiri, yang mana ada berbagai kebijakan yang diterapkan. Tetapi walaupun begitu, ada banyak kebiasaan buruk juga yang kerap kali menjadi faktor masalah dalam keuangan. Bila dibiarkan begitu saja, maka kemungkinan besar keadaan keuangan bisa memburuk seiring dengan berjalannya waktu. 

Mengelola keuangan pastinya perlu disesuaikan dengan pendapatan dan berbagai pos pengeluaran yang dibuat. Cara mengelola keuangan rumah tangga tentunya berbeda dengan cara mengelola keuangan pribadi. Tetapi, saat seseorang sudah terbiasa mampu mengelola keuangannya dengan baik, maka mereka pasti memahami bagaimana cara mengelola keuangan sebelum rumah tangga supaya tidak boros saat sudah menikah nanti.

Tips Mengelola Keuangan Agar Seimbang 

Biasakan untuk mengelola keuangan dengan perhitungan yang realistis dan tepat, yang mana pendapatan sebanding dengan pengeluaran. Untuk itu, cara mengelola keuangan pribadi berikut ini akan memungkinkan seluruh kebutuhan bisa terpenuhi dan semua tujuan keuangan pun dapat tercapai. 

Hal yang sama pun berlaku untuk mengelola keuangan sesudah rumah tangga, yang mana ada banyak sekali orang yang akan bergantung dengan keuangan itu sendiri. Sangat penting untuk mempunyai cara mengelola keuangan sebelum rumah tangga dengan baik sehingga sesudah berumah tangga tidak menjadi boros dan kebutuhan rumah tangga bisa terpenuhi dengan baik. 

Di bawah ini ada beberapa cara mengatur keuangan yang bijak dan cerdas. 

1. Buat anggaran keuangan 

Cara pertama yang wajib kamu lakukan yaitu dengan membuat anggaran keuangan terlebih dulu. Berapapun pendapatan yang kamu miliki, penting untuk langsung mengalokasikannya dengan benar. Cara mengelola keuangan sebelum berumah tangga ini bisa menjadi sangat mudah, bila dari awal telah mempunyai anggaran yang tepat. 

Rencanakan apa pun pengeluaran yang ingin kamu lakukan dalam keuangan tersebut, sehingga seluruh kebutuhan dapat terpenuhi. Jangan lupa buatlah pos-pos tabungan dan berinvestasi, karena kedua hal tersebut menjadi komponen penting dalam anggaran keuangan. Kelola seluruh pos pengeluaran dengan realistis dan seimbang supaya mudah diterapkan.

2. Prioritaskan kebutuhan

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, pastikan kamu selalu memprioritaskan kebutuhan, dibandingkan berbagai keinginan. Penting guna mengetahui perbedaan kebutuhan dan keinginan tersebut sejak awal, supaya dapat lebih bijak untuk mengeluarkan uang. 

Cara mengelola keuangan sebelum berumah tangga ini bisa terasa lebih mudah, bila sejak awal sudah memahami dengan benar apa saja kebutuhan yang perlu dipenuhi. Buatlah catatan belanja setiap bulannya dan patuhi catatan tersebut agar pengeluaran dapat terkontrol sepanjang waktu. 

3. Manfaatkan promo dan kartu kredit dengan bijak 

Cara mengelola keuangan sebelum berumah tangga selanjutnya adalah dengan hemat berbelanja. Biasanya belanja dengan kartu kredit bisa mendapatkan potongan harga sampai cashback yang dapat menghemat pengeluaran bulanan. Tidak hanya bisa mendapatkan promo di supermarket saja, kartu kredit juga biasanya menawarkan promo di e-commerce. 

Tidak hanya itu, cek pula promo belanja yang terdapat di supermarket atau toko online langganan, supaya pengeluaran setiap bulan mu dapat ditekan. Jangan terlalu sering belanja supaya pengeluaran dapat ditekan. 

4. Menabung 

Berapapun pendapatan bulanan yang bisa kamu hasilkan, pastikan untuk mengalokasikannya ke pos tabungan. Kamu bisa menabungkan 10-20% pendapatan ke dalam tabungan khusus setiap bulannya. Hal tersebut bisa menjadikan keadaan keuangan lebih sehat dan ada dana yang dapat kamu gunakan untuk kebutuhan mendesak. 

5. Investasi 

Sama dengan pos tabungan, pos berinvestasi pun harus ada di keuangan mu. Alokasikan sekitar 10-20% pendapatan guna kebutuhan ini. Investasi adalah kegiatan keuangan yang nantinya dapat mendatangkan banyak keuntungan dalam keuangan. 

Cara mengatur keuangan dengan benar, memungkinkan semua hal bisa berjalan dengan lancar, termasuk dengan berinvestasi ini. Hal dari berinvestasi dapat membantu kamu untuk mencapai semua tujuan keuangan dengan sangat mudah. Apabila dilakukan dengan disiplin dan konsisten, investasi bisa mendatangkan keuntungan yang besar. 

6. Menabung dana darurat 

Cara mengelola keuangan sebelum berumah tangga yang baik pastinya tidak lengkap tanpa adanya dana darurat. Dana darurat merupakan sejumlah dana yang dapat kamu gunakan sewaktu-waktu, bila keadaan keuangan sedang memburuk atau mengatasi berbagai keadaan darurat yang tidak dapat diatasi dengan memakai uang bulanan. 

Oleh sebab itu, mulailah menabung dana darurat. Jumlah minimal dana darurat adalah 6x pengeluaran setiap bulan untuk yang belum menikah dan 12x pengeluaran bulanan untuk yang sudah mempunyai tanggungan. Simpan dana darurat pada tabungan terpisah agar tidak terpakai. 

Mempunyai kondisi finansial yang stabil adalah keinginan semua orang. Hal tersebut tidak mudah diwujudkan, terlebih lagi bila mempunyai kebiasaan boros. Untuk itu, terapkan semua cara mengatur keuangan di atas supaya kondisi finansial bisa lebih baik lagi kedepannya.