Cara Mencapai Kemerdekaan Finansial Sejak Muda

Apakah kamu merasa sempit dalam urusan finansial? Tingkat kepemilikan uang atau harta menentukan keberdayaan seseorang dalam melakukan segala sesuatu terkait finansial. Finansial adalah kemampuan kamu mengelola dan mengalokasikan uang untuk berbagai macam kebutuhan dalam kehidupan.

Apabila kamu mengalami kesulitan dalam pengalokasian uang untuk kebutuhan sehari-hari disebabkan oleh faktor minimnya uang yang dimiliki, artinya kamu belum mencapai kemerdekaan finansial. Setelah kamu berkecukupan, mampu memenuhi berbagai kebutuhan, tandanya kamu sudah merdeka secara finansial.

Selanjutnya, apakah kamu tahu bagaimana cara kamu mencapai kemerdekaan finansial sejak muda? Ada beberapa cara yang harus kamu perhatikan agar mencapai kemerdekaan finansial sejak muda. Berikut ini penjelasan tentang cara mencapai kemerdekaan finansial sejak masih muda.

5 Cara Mencapai Kemerdekaan Finansial Sejak Muda

Siapa yang tidak mau merdeka secara finansial? Setiap orang pasti menginginkan dirinya berdaya dalam urusan finansial. Kemerdekaan finansial dapat membuat setiap orang bahagia dan merasa aman, tidak dibayang-bayangi oleh tekanan yang berkaitan dengan keuangan.

Ciri-ciri orang yang merdeka secara finansial adalah kemampuan dirinya menjamin kebutuhan jangka pendek sampai jangka panjang dengan kondisi keuangannya. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu lakukan agar kamu dapat mencapai kemerdekaan finansial sejak muda.

  • Buat perencanaan keuangan yang baik

Keuangan yang baik adalah keuangan yang sudah terencana, dari mulai sumber dana atau pemasukan, sampai pengeluaran. Apakah kamu termasuk orang yang tidak memperhitungkan keuangan? Kamu akan mengeluarkan pengeluaran selama merasa diharuskan, sehingga tidak menentu, alias tanpa perencanaan.

Sebaiknya kamu mulai membiasakan diri untuk melakukan perencanaan keuangan, sehingga ketika kamu mendapatkan pemasukan, perencanaan akan membuat pengeluaran keuangan kamu lebih baik. Uangmu akan dialokasikan dengan tepat, sehingga kamu terhindar dari kesusahan.

  • Buat skala prioritas pengeluaran

Ketika kamu membuat perencanaan keuangan, sebaiknya kamu pastikan membuat rencana pengeluaran yang detail dan solutif. Salah satu cara manajemen pengeluaran uang yang baik adalah dengan menentukan skala prioritas untuk pengeluaran kamu.

Cara mudahnya ialah buat list pengeluaranmu dengan kategorisasi kebutuhan berdasarkan skala kepentingan dan waktu. Misalnya, kebutuhan A adalah hal penting dan mendesak, sedangkan kebutuhan B juga penting tapi tidak mendesak. Maka pastikan kebutuhan A menjadi prioritas pengeluaran kamu.

  • Hindari pinjaman yang tidak penting

Pinjaman secara teori dibagi menjadi dua. Pertama, yaitu pinjaman konsumtif, yaitu pinjaman yang cenderung bersifat tidak terlalu penting, bukan berdasarkan kebutuhan, akan tetapi hanya berdasarkan keinginan. Kedua, yaitu pinjaman produktif, yaitu pinjaman penting dan berdasarkan kebutuhan.

Misalnya, kamu dihadapkan dengan pilihan meminjam uang untuk membeli handphone model terbaru dan pinjaman kredit rumah. Mana yang lebih penting dan produktif? Tantu saja yaitu pinjaman kredit rumah. Pastikan kamu tepat dalam melakukan kegiatan pinjam meminjam uang atau kredit.

Kamu harus ingat bahwa untuk mendapatkan kemerdekaan finansial artinya kamu akan memenuhi kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang dengan meminimalisir beberapa keinginanmu yang sebenarnya tidak terlalu penting. Bukankah hidup berkecukupan lebih baik dari berlebihan yang berujung kekurangan?

  • Mulai mengikuti program asuransi

Sebagaimana dijelaskan bahwa salah satu ciri kemerdekaan finansial adalah kemampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang. Dengan asuransi, kebutuhan jangka panjangmu akan terjamin, sehingga kamu akan merdeka secara finansial.

Ada beberapa jenis asuransi yang dapat kamu pilih guna memudahkan kamu untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang, diantaranya ialah asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi masa depan anak, asuransi rumah dan masih banyak lagi jenis asuransi yang dapat kamu manfaatkan.

Dengan mengikuti program asuransi, kamu tidak perlu memikirkan bagaimana untuk membayar biaya kesehatan di masa depan? Bagaimana biaya pendidikan anak di masa depan? Dan lain sebagainya, kamu akan berdaya dan mendapatkan ketenangan terkait masalah kehidupan yang berkaitan dengan keuangan.

  • Mulai investasi

Investasi merupakan salah satu cara agar kamu bisa merdeka secara finansial sejak muda. Dengan asuransi, uang akan bergerak, bekerja membantu kamu menambah keuangan. Namun, sayangnya tidak semua orang paham investasi. Lantas bagaimana bagi orang-orang yang tidak paham investasi?

Tenang saja, saat ini investasi mudah dilakukan setiap orang. Melalui beberapa aplikasi investasi yang terdaftar di OJK, kamu dapat melakukan investasi meski tidak paham investasi itu sendiri, karena kamu akan ditawarkan opsi investasi reksadana, kamu tinggal diam dan uangmu dijamin bertambah.

Dengan investasi reksadana, kamu akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Pertama, yitu uangmu akan aman terjaga. Kedua, uang yang kamu investasikan tidak akan berkurang, bahkan akan terus bertambah. Kamu akan memiliki tabungan untuk kebutuhan lainnya di waktu mendatang.

Demikian penjelasan tentang beberapa cara agar kamu merdeka secara finansial sejak muda. Kemerdekaan finansial tidak hanya ditentukan oleh besarnya penghasilan, akan tetapi kemerdekaan finansial ditentukan oleh seberapa baik manajemen finansial yang kamu terapkan.